Mentor Dalam Bisnis

Pentingnya Memiliki Mentor Dalam Bisnis

Ketika mulai berjalan, atau belajar bersepeda, kita senantiasa dibimbing oleh orang tua kita yang mengajarkan kita dan memotivasi untuk terus berjalan dan pantang menyerah dalam berusaha. Demikian juga ketika sekolah, selalu ada guru yang membimbing kita untuk berkembang melalui tugas-tugas dan ujian yang diberikan.

Sebagai pengusaha pemula, apalagi yang baru memulai bisnis, penting bagi kita untuk memiliki mentor bisnis. Mentor bisnis adalah orang yang bisa jadi pembimbing dan pelatih kita di dalam menjalankan usaha. Jaya Setiabudi berkata " Sukses Berpola, gagal juga berpola, temukan peta suksesmu".

Kenapa anda perlu memiliki mentor, ada beberapa hal yang bisa jadi alasan:

1. Bisnis itu Dinamis, Tidak Selalu Sukses

Bisnis tidak selalu mulus, ada kalanya kita gagal dalam bisnis, rugi atau bahkan bangkrut. Alangkah baiknya jika kita bisa mencegah sebelum pada akhirnya harus bangkrut dan menderita kerugian. Mentor membantu menganalisis usaha kita dan menemukan jawaban dari permasalahan kita berdasarkan pengalaman yang telah dialaminya.

2. Pengusaha Perlu Motivasi dan Disiplin

Motivasi penting bagi pengusaha ketika di dalam kondisi terpuruk dan jenuh dalam berbisnis. Mentor bisa memotivasi Anda bahwa kegagalan juga bagian dalam bisnis. Dan membuat anda disiplin dengan komitmen-komitmen yang dibuat.

3. Bisnis Berkembang Jika Kita Berkembang

Ilmu dalam bisnis adalah investasi leher ke atas yang akan mengembangkan bisnis kita. Pebisnis belajar dari kegagalan dan kebangkrutan. Perlu ada waktu dan budget khusus yang Anda alokasikan untuk belajar.

Siapakah yang layak menjadi mentor Anda, idealnya dia adalah sosok panutan Anda dalam bisnis, yaitu orang yang telah mengalami jatuh bangun dalam bisnis dan telah berhasil melewatinya. Dan yang paling penting dia mau berbagi strategi suksesnya untuk Anda.

Pertanyaan berikutnya yang biasanya muncul adalah dimana kita bisa menemukan mentor kita, ini tentunya bukan hal yang sulit jika Anda mau berusaha. Mentor bisa Anda dapatkan dari :

• Bergabung di komunitas-komunitas pengusaha dan cari orang-orang yang secara bisnis bisa membimbing Anda, TDA mempunyai KMB ( Kelompok Mentoring Bisnis) untuk para pengusaha yang mau belajar dan berkembang, disediakan secara free.

• Mengikuti seminar-seminar rutin yang memberikan materi-materi yang bersifat aplikatif  dan bisa diterapkan, pelajari materi-materi secara menyeluruh.

• Cari  tahu mentor yang ingin Anda jadikan guru. Temui mereka secara langsung. Pengusaha besar yang sukses dan rendah hati biasanya rajin berbagi, follow Twitternya dan coba jalin komunikasi.

• Mentoring berbayar : ada paket-paket mentoring yang telah disediakan untuk membimbing Anda para pengusaha baik offlineataupun online.

Ingatlah ketika Anda telah sukses dalam berbisnis jangan lupakan jasa mentor Anda. Tetap jalin hubungan komunikasi  dan silaturahmi dengan mereka .

Popular Posts