Bisnis usaha antar-jemput air susu ibu

Menyedot untung dari usaha antar-jemput air susu ibu ( KURIR ASI )
Oleh : Gloria Natalia

Wanita karier sekarang tidak perlu khawatir lagi tidak bisa menyusui bayinya. Adanya usaha antar jemput air susu ibu (ASI), mereka bisa tetap bekerja tanpa harus meninggalkan kewajibannya. Peluang usaha ini sangat menarik karena hanya bermodalkan sepeda motor, ice box, dan kepercayaan.

kesibukan yang harus dijalani wanita karier di kota besar seperti Jakarta membuat para ibu ini kehabisan waktu untuk bisa menyusui bayinya. Kesempatan ini pula yang membuka peluang bisnis antarjemput air susu ibu (ASI).

Seperti yang dijalani Arga Nirwana melalui Arga Nirwana Express (ANEX). Sejak pertengahan tahun lalu, Arga mulai menjalani usaha antarjemput ASI ini setelah sebelumnya bermain di jasa kurir dan kargo. "Sekarang lebih banyak melayani ASI," kata Kepala Personalia ANEX, Agus Kurniawan.

Dalam sehari ANEX rata-rata melayani 20 pengiriman ASI. "Selama 20 hari kerja kami sanggup melayani 300-an pengiriman," kata Fikri Nauval, Direktur ANEX. Sekali antar, ANEX pasang tarif Rp 30.000 sehingga omzet perbulan mencapai
Rp 9 juta hanya dari bisnis antarjemput ASI.

ANEX melayani pengiriman ASI seantero Jabodetabek. Segmen pasar mereka jelas para ibu kantoran yang memiliki balita. Daya tahan ASI yang singkat membuat maksimal pengiriman 2 jam sampai ke tempat tujuan. Agar kualitas ASI tidak berkurang, maka pengiriman dilakukan dengan sepeda motor plus kotak pendingin.

ANEX saat ini sudah mempekerjakan 45 kurir yang siap menjemput dan mengantar ASI. Mereka melayani sekitar 30 pelanggan yang membutuhkan layanan selama 4-6 bulan. Agus mengatakan, perusahaannya juga membantu ibu-ibu yang bermasalah untuk mendapat pendonor ASI......(next)

Artikel lengkap bisa dilihat di : http://peluangusaha.kontan.co.id/

Popular Posts